Dinas Komunikasi & Informatika Kepulauan Riau

Infografiss


Percepatan Berusaha


Didesain oleh : Gerry Andrean
29 March 2018

Bahasan Ini sejalan dengan Perpres No 91/2017 yang mengamanatkan Kebijakan #PercepatanBerusaha, dengan mengubah paradigma birokrasi dari yang tadinya “Penguasa dan Birokrat” menjadi “Pelayan Masyarakat”.

Nah, untuk itu ada 4 hal yang dilakukan: membentuk Satgas #PercepatanBerusaha utk mengawal proses perizinan; Perizinan HANYA melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) sbg frontline; adanya standar perizinan; dan pelayanan perizinan terintegrasi secara elektronik.

Satgas #PercepatanBerusaha sendiri ada 4 unsur: Satgas Nasional; Satgas di level Kementerian/Lembaga, Provinsi, Kabupaten/Kota; Satgas di setiap Leading Sector; serta Satgas Pendukung.

Penerapan #PercepatanBerusaha melalui 2 tahap. Tahap I fokus utk pembentukan Satgas; penerapan komitmen penyelesaian izin atau standar di Kawasan Ekonomi Khusus, FTZ, Kawasan Industri, Kawasan Strategis Pariwisata Nasional; serta penerapan Data Sharing utk perizinan.

Sedangkan tahap II #PercepatanBerusaha menitikberatkan pada Reformasi Regulasi di pusat dan daerah; serta penerapan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission (OSS). Perlu dicatat, Tahap II berjalan paralel dengan tahap I.