Dinas Komunikasi & Informatika Kepulauan Riau

Isdianto Tinjau PCR di RSAL Tanjungpinang


30 July 2020
24

Foto: Humas


TANJUNGPINANG- Gubernur Kepulauan Riau Isdianto meninjau alat "polymerase chain reaction" (PCR) yang belum lama ini digunakan di Rumah Sakit Angkatan Laut Tanjungpinang.

"Alat PCR sangat membantu pemerintah dan masyarakat dalam mendeteksi pasien apakah tertular COVID-19 atau tidak. PCR di RSAL sangat membantu mempercepat proses pemeriksaan," kata Isdianto saat meninjau Laboraturium PCR RSAL Tanjungpinang, Rabu (29/7).

PCR merupakan metode pemeriksaan di laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus. Saat ini, PCR juga digunakan untuk mendiagnosis penyakit COVID-19, yaitu dengan mendeteksi material genetik virus corona.

Selama ini, alat PCR yang digunakan hanya dari Batam dengan jumlah terbatas. Kondisi ini yang menyebabkan pemeriksaan swab terhadap pasien baru dapat diketahui sekitar sepekan karena harus antre.

"Kepri kekurangan PCR sehingga membutuhkan waktu cukup lama untuk memeriksa swab seseorang apakah tertular COVID-19 atau tidak. Dengan adanya PCR di RSAL, dapat mempercepat proses pemeriksaan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Isdianto juga menyaksikan serah terima bantuan alat Streamline Swab Booth (SSB) Kepada RSAL. "Alat untuk mengambil swab produk anak bangsa itu tentu sangat membantu," katanya.

Penulis: Asikk1