Tips Bugar Selama Berpuasa dari Kadis Kesehatan Kepri


TANJUNGPINANG,DISKOMINFO - Tak terasa Ramadhan 1439 H sudah masuk di pekan ketiga dan hampir memasuki pekan terakhir. Banyak umat muslim yang sebentar lagi akan merayakan Idul Fitri, atau disebut Hari Kemenangan bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa.

Menjelang perayaan Idul Fitri ini, umat muslim yang merayakannya tentulah harus dalam kondisi ceria. Salah satunya adalah kondisi badan yang sehat. Ini bisa dimaklumi mengingat ada banyak persiapan yang butuh tenaga ekstra dalam mempersiapkannya.

Nah, supaya badan tetap bugar hingga datangnya Idul Fitri nanti, Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Riau, Tjetjep Yudiana memberikan sedikit tips supaya tubuh tetap bugar selama berpuasa.

Selain menjaga pola istirahat yang cukup, Tjetjep menyarankan supaya memperbanyak konsumsi makanan berserat (diatery fiber ).

"Makanan berserat itu contohnya sayur, buah, atau tahu dan tempe," ujarnya.

Makanan berserat ini dia sebut memiliki kemampuan menunda pengosongan makanan atau menahan kenyang lebih lama. Selain itu, makanan berserat adalah kemampuan mengikat zat organik seperti empedu yang membuat turunnya jumlah asam empedu. Hal tersebut mengakibatkan hati harus menggunakan kolesterol untuk pembentukan asam empedu yang baru. Hasil akhir dari proses tersebut adalah turunnya kolesterol.

Tjetjep menganjurkan supaya menghindari makanan atau minuman bersantan yang dapat meningkatkan kadar lemak tubuh.

"Masyarakat kita kan sukanya mengkonsumsi karbohidrat (nasi). Karbohidrat ini berbahaya jika bercampur lemak," tegas Tjetjep.

Karbohidrat bercampur lemak dia katakan bisa memicu naiknya tekanan darah dan gula darah yang berbahaya bagi kesehatan.

"Makanya upayakan hindari makanan berlemak supaya kondisi tubuh tetap sehat. Apalagi kita tahu selama puasa ini biasanya istirahat itu sangat minim," terang Tjetjep.

Nah, itulah tips diapakan Kadis Kesehatan Kepri supaya tubuh tetap bugar selama Ramadhan. Selamat mencoba. (Asikk1)