Pemko Batam Dapat Penghargaan Pelayanan Publik

JAKARTA,DISKOMINFO - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syaffrudin memberikan penghargaan kepada Pemko Batam dalam hal penyelenggaran pelayanan publik. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Walikota Batam Muhammad Rudi di Balai Sarbini Jakarta, Selasa (27/11).

Dilansir Batam Pos, pemerintah pusat menyematkan nilai A Plus kepada pelayanan publik yang ada di Batam. Mal Pelayanan Publik (MPP) yang dikelola Pemko Batam dinilai masih yang terbaik di Indonesia. “Alhamdulilah, kita mendapatkan nilai A Plus. Dan dengan penghargaan bukan berarti tidak ada lagi yang harus dibenahi. Belum sempurna itu MPP, dan memang harus terus kita benahi,” kata Rudi.

Menurut Rudi, di MPP tersebut masih ada beberapa hal yang harus dibenahi.Ia mencontohkan, kantin yang masih harus terus dilengkapi. Termasuk tempat bersantai bagi warga yang mengurus izin. “Hal kecil adalah kantin atau tempat makan. Terlihat sepele tapi itu sangat penting. Dan kita akan terus melakukan penataan dalam hal ini,”katanya.

Rudi mengatakan bahwa MPP Kota Batam memang sudah sangat banyak dikunjungi pemerintah daerah dari luar Batam. Bahkan dari lembaga dari luar negeri. “Saya tegaskan lagi, pelayanan harus terus dibenahi dan harus semakin prima. Tidak boleh langsung puas karena mendapat penghargaan. Kita akan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Sementara itu, kepala BPM PTSP Pemko Batam, Gustian Riau mengatakan bahwa pihaknya akan terus berupaya meningkatkan pelayanan di MPP. Termasuk membuat sejumlah fasilitas agar di sana semakin lebih nyaman dan aman.

“Memang masih ada beberapa hal yang harus kita benahi. Dan pelan-pelan memang akan terus kita tingkatkan. Termasuk kantin di sana akan kita benahi,” katanya.

Menurut Gustian, sebagai MPP terbaik di Indonesia, saat ini MPP Batam dilengkapi dengan berbagai fasilitas antara lain counter pelayanan yang representatif dan nyaman, ruang laktasi, perpustakaan, arena bermain anak,charging station (tempat pengisian baterai Handphone), musholla, klinik, balai pernikahan, tempat pijat elektronik (Refleksi).

Selain itu ada juga ruang VVIP untuk investor, layanan mandiri penginputan perizinan online, ruang rapat dan audio visual, perbankan, high speed WIFI dan fasilitas lainnya.(SN)