Apresiasi Peluncuran Aplikasi SIAPEK - Arif Inginkan Setiap OPD Berintegrasi


TANJUNGPINANG,DISKOMINFO - Pemerintah Provinsi Kepri mengapresiasi peluncuran program perubahan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kepri yang  diberi nama Sistem Informasi Akuntabilitas Pertanggungjawaban Keuangan (SIAPEK) di Kantor DPRD Kepri Dompak,Senin (22/10).

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Kepri H TS Arif Fadillah saat bersama Sekretaris Dewan dan Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak SH meluncurkan aplikasi "SIAPEK" tersebut.

"Program ini sangat bagus untuk dintegrasikan di setiap Organisasi Perangkat Daerah OPD di lingkungan Pemprov Kepri untuk sebagai sistem pengelola pertanggungjawaban keuangan," ungkap Sekda.

Apalagi,lanjut Sekda ditengah penerapan E government yang dilakukan pemerintah Provinsi Kepri.

"Keberadaan aplikasi SIAPEK dapat menjadi acuan dalam pengelolaan keuangan yang akuntabel, transparan dan lebih optimal," ungkap Sekda.

Sementara itu, Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak SH sangat mengapresiasi diterapkannya aplikasi dan SIAPEK ini dalam pelaksanaan program kegiatan di DPRD Kepri.

"Sehingga dengan begitu sistem pelaporan keuangan di DPRD Kepri dapat lebih cepat ,aliran dan akuntabel," ungkap Jumaga.

Sementara itu, Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Provinsi Kepri Hamidi selaku ketua pelaksana proyek perubahan SIAPEK ini mengatakan peluncuran program ini merupakan tuntutan era reformasi yang menuntut setiap pemerintahan untuk terbuka dan dapat akuntabel.

"Padahal, Permendagri No 59 Tahun 2007 tentang pelaporan keuangan menuntut setiap pengguna anggaran diwajibkan untuk melakukan pelaporan terkait pertanggungjawaban anggaran yang digunakan, dan batas maksimal penyampaian laporan pertanggungjawaban adalah setiap tanggal 10 pada bulan berikutnya," ungkap Hamidi.

Menurut Hamidi keterlambatan pelaporan anggaran ini terjadi karena keterbatasan SDM, dan tingginya aktifitas Dewan terkadang batas waktu penyelesaian pertanggungjawaban menjadi lambat.

"Dengan adanya Siapek ini menjadi jawaban dari masalah-masalah tersebut. Proyek perubahan ini diharapkan dapat mengoptimalkan pengelolaan keuangan di Sekretariat DPRD Provinsi Kepulauan Riau," kata Hamidi.

Sehingga, sambung Hamidi,  terwujudnya peningkatan pengelolaan keuangan di Sekretariat DPRD Provinsi Kepulauan Riau yang akuntabel dan terintegrasi sehingga sejalan dengan misi Provinsi Kepulauan Riau tahun 2016-2021.
 
Adapun misinya yaitu mengembangkan tata kelola pemerintahan yang bersih, akuntabel, aparatur birokrasi yang profesional, disiplin dengan etos kerja tinggi serta penyelenggaraan pelayanan publik yang berkualitas.

"Untuk tahap awal, dirinya telah membentuk tim efektif. Tim efektif ini membentuk aplikasi yang mempermudah pelaporan keuangan mulai dari perencanaan hingga pertanggungjawaban," ungkap Hamidi.

Untuk tahap pertama, penerapannya digunakan untuk beberapa kegiatan di sekretariat DPRD.

"Untuk tahun 2019 nanti, Siapek akan diterapkan diseluruh kegiatan-kegiatan di DPRD Kepri. Sehingga, nantinya keuangan DPRD Kepri akan lebih akuntabel, transparan yang juga sesuai dengan nawacita bapak Presiden," tutup Hamidi.(asikk2)